Kamis, 05 Mei 2016

permainan bentengan


Permainan bentengan adalah permainan traditional yang mengajarkan strategic dan kecepatan berlari.

Dalam permainan bentengan ada 2 group, biasanya dari 4 sampai 10 orang.
Benteng group biasanya adalah pohon 1 dan 2 yang berjarak tidak  jauh 20-50meter antara kedua pohon,sehingga memungkinkan anggota group bisa saling mengejar untuk menjadikan musuh sebagai tawanan.
Aturan mainya adalah:
1.Pertama menentukan group siapa yang akan menyerang terlebih dahulu.
2.Setelah anggota group yang sudah ditentukan, keluar dan menyerang, anggota group kedua harus menjaga jangan sampai penyerang bisa menyentuh benteng lawan tanpa tertangkap atau tersentuh.
3.Selanjutnya bergantian saling serang dan tangkap atau tawan(ketentuanya adalah apabila anggota group 1 keluar untuk menyerang berarti harus dikejar oleh anggota group2, begitu juga sebaliknya anggota group kedua bisa dikejar lagi oleh group 1 tapi oleh orang berikutnya,jadi selang selling/bergantian untuk serang dan kejar).
4.Apabila ada anggota group yg tertangkap( dengan cara di sentuh) berarti dia harus jdi tawanan, semakin banyak anggota group yang ditawan berarti semakin mudah untuk menaklukan bentengnya yaitu dengan cara menyentuh bentengnya dan mengucapkan "BENTENG" berarti sekornya adalah 1:0.
5.Apabila ada anggota group yang tertawan, anggota satu group lainya harus berusaha melepaskannya dengan cara menyentuh tangan dari anggota yang tertawan,jika berhasil berarti tawanan bisa lepas dan masuk ke group lagi untuk kembali menyerang benteng lawan.
6.Area untuk tawanan adalah disamping benteng,apabila tawanan banyak mereka harus berbaris dengan cara saling berpegangan tangan menghadap ke bentengnya, hal ini adalah sebagai bentuk komunikasi dan dukungan ke anggotanya agar bisa segera di bebaskan dan bisa menyerang lagi.
8.Permainan berakhir apabila group sudah puas dengan kekalahanya,sehingga waktu bermain untuk permainan ini sebenarnya tidak dibatasi.

catatan:
content dalam permainan adalah kerjasama,kejujuran,supportif,strategi,kecerdasan dan kecepatan.

"Selamat Bermain"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar